Gejala2 Penyakit Menular Seksual.


Walaupun sulit terdeteksi, bukan berarti gejala PMS (penyakit menular seksual) tidak bisa dikenali. Mulai dari keputihan, infeksi saluran kencing, sampai munculnya bintil-bintil berair.  kenali gejala PMS
Dari Hasil Diskusi Media III yang diselenggarakan Population Council Jakarta beberapa waktu lalu, berikut ini beberapa gejala dan tanda-tanda beberapa jenis PMS yang bisa dicermati.
Trikomoniasis, gejala yang muncul pada wanita biasanya keluarnya cairan vagina (keputihan) encer, berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk. Vulva agak bengkak, kemerahan, gatal, berbusa, dan merasa tidak nyaman. Pada pria, jenis PMS ini biasanya muncul tanpa gejala. Tapi, beberapa muncul dengan tanda-tanda cairan keluar dari penis berwarna keputihan atau kehijauan. Penderita pria juga sering merasa tak nyaman saat buang air kecil (BAK).

Gonore/Kencing Nanah PMS yang disebabkan bakteri ini seringkali muncul tanpa gejala. Pada wanita, bisa juga muncul beberapa tanda. Seperti cairan vagina (keputihan) kental berwarna kehijauan/kuning dan berbau tak sedap, frekuensi BAK tidak normal dan nyeri, infeksi pada leher rahim, infeksi saluran kencing, dan nyeri di rongga panggul. Sementara pada pria biasanya muncul gejala seperti sakit ketika BAK, atau kencing nanah.
Klamidia Gejala yang muncul pada pria dan wanita pada umumnya sama seperti pada gonore. Tapi, pada wanita biasanya juga muncul gejala perdarahan setelah hubungan seks dan terjadi infeksi pada mulut rahim (serviks).
Sifilis/Raja Singa Gejala yang muncul pada pria pada umumnya sama dengan yang terjadi pada wanita. Infeksi kronis dan sistemik muncul dalam tiga tahap gejala, yaitu :
1. Primer : Luka pada kemaluan, rektum, atau mulut tanpa rasa nyeri.
2. Sekunder : selama 4-8 minggu setelah luka, muncul bintil/bercak merah di tubuh. Juga muncul demam dan tubuh terasa lemah.
3. Masa Laten: Biasanya tidak ada gejala. Sifilis tersier akan berkembang pada sekitar 1/3 kasus yang tidak diobati dan dapat menimbulkan kelainan jantung, saraf serta pembuluh darah dan atau kulit.

1 comment: