Bagaimana Jika Hasrat Seks Rendah di Usia Produktif


Beberapa wanita di tingkat usia produktif (sekitar 24-40) tahun, bahkan diusia lebih muda, tapi tampaknya mempunyai libido rendah. Hal ini disadari mereka, maka mereka pun ada yang berusaha meminum ramuan tumbuhan alami atau bahkan vitamin. Misalnya vitamin B - kompleks, yang menurut banyak pihak bisa menyegarkan dan menimbulkan semangat. Tapi lagi-lagi tidak berhasil. Tentu hal ini menimbulkan kekhawatiran mereka yang mengalami hal ini, terutama soal hubungan intim dengan pasangan.
Bagaimana sebaiknya?

Jika ini perubahan dari yang biasa terjadi pada Anda, maka langkah pertama haruslah menghubungi ahli kebidanan Anda. Perubahan pada gairah seksual dapat menjadi tanda masalah hormon, depresi atau stres berlebih. Bahkan kelelahan bisa dapat mempengaruhi libido Anda.
Banyak obat-obatan dengan resep, terutama obat anti-depresi, dapat menghalangi minat seks. Jika Anda meminum obat apapun, hubungi dokter Anda untuk mengetahui apakah obat-obat yang Anda minum mempunyai efek samping yang dapat mempengaruhi kehidupan seks Anda. Alkohol juga bisa menurunkan libido, jadi perhatikan betul apa yang Anda minum.
Jika ini bukan suatu perubahan bagi Anda, maka perlu dipertanyakan bagaimana Anda menilai Anda mempunyai gairah rendah. Ada banyak definisi 'normal' untuk gairah dan frekuensi hubungan seks. Mungkin pasangan Anda punya libido kuat dan menginginkan hubungan lebih sering. Atau mungkin salah satu teman wanita Anda melakukan seks lebih sering daripada Anda. Ini tidak berarti ada sesuatu yang salah diantara keduanya. Jika minat rendah Anda menyebabkan masalah pada hubungan Anda, maka Anda dan pasangan Anda harus berkonsultasi dengan penasihat yang berspesialisasi dalam terapi seksual. Ahli terapi dapat membantu Anda berdua belajar bagaimana menanggapi kebutuhan satu sama lain dan meningkatkan komunikasi - hal-hal positif untuk hubungan Anda, baik seksual maupun secara menyeluruh.
Salah satu ramuan tanaman yang dapat menolong meningkatkan libido pada pria maupun wanita adalah ginseng Cina. Dosis umum adalah satu kapsul atau ½ sendok teh sari ginseng 2-3 kali sehari. Ginseng Panax juga telah terbukti menolong memerangi keletihan dan mencegah efek negatif stres dalam tubuh. Beberapa riset membuktikan bahwa ginseng memperluas fungsi kekebalan dan juga menurunkan tingkat kolesterol. Tentu dengan aturan penggunaannya.

1 comment: